Riwayat Program Studi

 

Program Studi Pendidikan Biologi dibentuk bersamaan dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah Kupang. Pendirian Universitas Muhammadiyah Kupang dilakukan oleh Persyarikatan Muhammadiyah Wilayah Nusa Tenggara Timur pada bulan September 1987.

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang menerima mahasiswa baru sejak semester ganjil tahun akademik 1987/1988 sebagai awal pelaksanaan kegiatan akademik. Pada tahun 1991 memperoleh pengesahan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan status terdaftar berdasarkan SK No. 0102/0/1991 pada Tanggal 04 Maret 1991. Pada tahun 2000 memperoleh status akredtasi pertama dengan peringkat “C” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan SK No. 023/BAN-PT/AK-IV/VIII/2000 pada Tanggal 13 September 2000. Akreditasi kedua dilaksanakan pada tahun 2004 dengan hasil akreditasi peringkat “C” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan SK No. 045/BAN-PT/Ak-VIII/S1/2004 pada Tanggal 26 Oktober 2004. Tahun 2010 kembali diakreditasi oleh BAN-PT dengan kriteria penilaian yang lebih ketat serta format borang versi terbaru. Namun demikian hasil akreditasi yang diperoleh sangat memuaskan dengan peringkat akreditasi “B” berdasarkan SK. No. 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 pada tanggal 03 Desember 2010 dan berlaku sampai dengan tanggal 03 Desember 2015. Pada tanggal 23 – 25 Agustus 2015 dilakukan visitasi lapangan oleh BAN PT dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang keempat kalinya. Hasil akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2015 dengan peringkat akreditasi “B” berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 dan berlaku sampai tanggal 31 Oktober 2020.

Pendirian Program Studi Pendidikan Biologi dirasakan sangat penting mengingat banyaknya kebutuhan akan tenaga pendidik/guru IPA khususunya Pendidikan Biologi yang berkualitas, baik di SLTP maupun di SLTA. Sumberdaya manusia berupa guru yang berkualitas hanya dapat terbentuk secara sistematis dan efisien lewat proses pendidikan di lembaga pendidikan tinggi kependidikan, seperti di Program Studi Pendidikan Biologi.

Sebagai institusi yang memperhatikan bahwa profit sangat penting artinya bagi pengembangan program studi untuk mempersiapkan sumberdaya manusia dalam menjawab berbagai tantangan maupun tuntutan pembangunan daerah, Program Studi Pendidikan Biologi pada FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang telah dan terus melakukan perbaikan kinerja. Out put yang dapat dilihat adalah peningkatan jumlah dan IPK lulusan yang cenderung meningkat dan rencana pengembangan program akademik yang terarah, yang meliputi kegiatan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *